Tanda gula darah

Prinsip dasar diabetes tipe 1:
Penting untuk mengecualikan atau mengurangi jumlah karbohidrat sederhana dalam makanan: gula, madu, selai, cokelat, kue, biskuit, selai, semolina, sereal beras. Anda hanya dapat menggunakan produk ini sesekali. Selain itu, produk ini mungkin diperlukan untuk meredakan kondisi hipoglikemik.
Diet pasien harus mengandung terutama karbohidrat kompleks dan sumber: sereal atau dedak roti, sereal, sayuran, buah-buahan, beri.
Semua buah dan sayuran dibagi menjadi 3 kelompok:

Grup 1 – Produk ini mengandung hingga 5g karbohidrat per 100g produk. Kelompok ini meliputi: mentimun, tomat, kol putih, kembang kol, zucchini, terong, selada, coklat kemerah-merahan, bayam, rhubarb, lobak, jamur, labu, cranberry, lemon, buckthorn laut, apel dan prem. Produk semacam itu dapat dikonsumsi hingga 600-800 g per hari.

Produk dari kelompok kedua mengandung 5 hingga 10 gram karbohidrat per 100 gram dan kelompok ini meliputi: wortel, bit, bawang, lobak, seledri, paprika manis, kacang-kacangan, jeruk keprok, jeruk, grapefruits, aprikot, persik, semangka, semangka, buah pir . Persik, blueberry, stroberi liar, raspberry, kismis, blueberry, apel manis, dan persik. Tidak lebih dari 200 gram harus dikonsumsi per hari.

Dan terakhir, kelompok 3. Makanan ini dengan lebih dari 10 gram karbohidrat per 100 gram meliputi: kentang, kacang polong, ubi jalar, nanas, pisang, delima, ceri, buah ara, kurma, kesemek, ceri, anggur, kismis, aprikot kering dan Persik; Tidak disarankan untuk menggunakannya pada menu penderita diabetes, atau sangat jarang dilakukan. Kentang diperbolehkan dalam jumlah 200-300 gram per hari, dengan mempertimbangkan jumlah total karbohidrat.

Hal ini diperlukan untuk memperkaya diet dengan serat makanan. Mereka mampu menurunkan kadar gula darah dan mempertahankannya pada tingkat yang optimal. Makanan yang kaya serat makanan termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
Dianjurkan untuk mengurangi lemak hewani dalam makanan dan mengecualikan makanan seperti babi, domba, angsa, bebek, hati dan jantung. Jangan gunakan kuning telur lebih dari 3-4 kali seminggu.
Dalam menu untuk diabetes tipe 2, protein harus ada dalam jumlah yang cukup. Sumbernya adalah: keju dan produk susu lainnya, daging sapi, unggas putih, ikan, dan putih telur.
Diet harus mengandung semua vitamin dan mineral yang diperlukan. Untuk ini, diet harus bervariasi dan lengkap.
Anda dapat menggunakan metode memasak apa pun, preferensi memasak, memanggang, memanggang. Jangan memasak hidangan yang dipanggang.
Diet harus dibagi, 4-6 kali sehari.
Untuk pasien yang menerima insulin, perlu memperhitungkan karbohidrat saat menghitung unit roti. Penting agar asupan karbohidrat harian Anda berada pada tingkat yang sama.